Friday 8 February 2019

Perbedaan Action cam dan Dash cam.

Kali ini saya akan mereview sebuah kamera action cam yang bisa berfungsi sebagai dash cam.
Sebelumnya saya akan jelaskan dulu apa itu action cam dan apa itu dash cam.

Action cam adalah kamera dengan desain berukuran kecil dan ringan yang penggunaannya diperuntukkan merekam kegiatan outdoor atau olahraga. Biasanya kamera ini dipasang pada helm, motor, setang sepeda dll. Sehingga dapat merekam gambar atau video yang tidak memungkinkan untuk diambil dengan menggunakan kamera DLSR, handycam maupun mini DV. Kebanyakan kamera actioncam dilengkapi dengan fitur waterproof atau tahan air / anti air.

Sedangkan, Dashcam adalah sebenarnya secara fisik sama dengan Actioncam. Namun secara fungsi penggunaannya dan fitur yang dimiliki sangat berbeda. Dashcam diperuntukkan sebagai alat perekam dalam kendaraan mobil/motor. Fungsi dashcam hampir sama dengan blackbox / kotak hitam dalam pesawat terbang. Dashcam akan melakukan perekaman secara terus menerus selama perjalanan. Tujuan utamanya agar hasil rekaman dapat dijadikan barang bukti apabila ada suatu kejadian selama perjalanan. Berbeda dengan action cam yang tujuan utamanya adalah untuk mengabadikan momen suatu kegiatan. Oleh sebab itu, beberapa Dash cam memiliki fitur Auto On, auto off, auto record, Loop recording, Lock file, Lane departure warning, GPS, night vision, infra red, Shock sensor atau collision detection dan motion detection bahkan ada yang memiliki fitur dual kamera (front camera dan rear camera). Wow... apa saja itu ??? Kalau ingin tahu fitur-fitur tersebut akan saya bahas dipostingan selanjutnya.

Sesuai yang saya sampaikan sebelumnya bahwa postingan ini hanya mengulas sebuah action cam yang bisa berfungsi sebagai dashcam.


Gara-gara kamera ini sempat buat video viral, akhirnya banyak yang tanya kameranya merk apa?
Ini adalah actioncam merk Kogan.
Tapi kamera ini bisa difungsikan sebagai dashcam.
Tentu fiturnya tidak selengkap dashcam yang sebenarnya.
Namun fungsi auto recording nya sudah lebih dari cukup jika digunakan untuk mendokumentasikan perjalanan.
Harganya juga sangat murah jika dibandingkan dengan action cam atau dashcam lainnya.

Silahkan simak penjelasan selengkapnya di video.



No comments:

Post a Comment